Tinjauan Menyeluruh Proses Bisnis

Soal  
  •  Dibioskop ada seseorang pegawai yang biasanya bertanggung jawab untuk memberikan karcis & menerima uang, sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop. Apa alasan kegiatan ini? (Pembahasan soal ini berkaitan dengan pengendalian internal pada SIA) Materi :  Tinjauan menyeluruh proses bisnis.

 Jawab :

Menurut materi yang saya baca  tentang “Tinjauan Menyeluruh Proses Bisnis”, alasan dari kegiatan diatas yaitu, mencegah seorang pegawai untuk memiliki pengendalian penuh atas seluruh aspek transaksi bisnis pada bioskop tersebut. Tugas-tugas yang telah dipisahkan pada kegiatan diatas dapat membantu penjagaan aset dan meningkatkan keakuratan, karena setiap pegawai dapat melihat dan karenanya dapat  mengontrol dan membatasi tindakan pegawai lainnya. Pemisahan tugas yang efektif akan mempersulit seorang pegawai untuk dapat mencuri uang tunai atau aset lainnya. Karena pemisahan tugas yang tidak memadai dapat menciptakan kesempatan untuk pencurian atas aset organisasi.

Soal
  • Nilai suatu informasi sama dengan selisih antara keuntungan yang didapat dari pemakaian informasi dengan biaya untuk menghasilkannya. Apakah Anda atau organisasi manapun akan memproduksi sesuatu informasi jika perkiraan biayanya melebihi manfaatnya? Berikan beberapa contoh!

Jawab:
Menurut dari beberapa sumber yang telah saya baca tentang “Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya.”

Saya dapat menyimpulkan bahwa kita tidak akan memproduksi suatu informasi apabila biaya yang dikeluarkan melebihi dari manfaatnya, karena buat apa informasi telah kita dapatkan dengan biaya yang mahal tetapi tidak ada manfaatnya sama sekali buat orang-orang yang ingin membutuhkan informasi tersebut. Dari soal pertanyaan yang diberikan tersebut, saya dapat mengatakan bahwa informasi tersebut kurang bernilai dan manfaatnya kurang efektif. Kita harus lebuh teliti untuk memanfaatkan informasi yang memiliki nilai manfaat yang sangat efektif dan juga biaya yang tidak melebihi dari pada manfaatnya.

.
sumber referensi :
 http://sebelumnya.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat anda tentang Blog saya?

GUEST BOOK


ShoutMix chat widget